Sunday 2 December 2012

Salah Satu Peribahasa yang membuat Orang jadi MALAS..

Selamat malam kawan2,,bertemu lagi dengan saya sang Mr. Ngawur, semoga kawan2 semua dalam keadaan yang baik dan sehat baik jasmani dan rohani ya. Di tengah2 kebingungan mengerjakan bisnis plan yang dateline nya semakin dekat, saya sempatkan untuk menulis sesuatu yang terlintas di dalam pikiran saya tentang peribahasa2 yang menurut saya rancu,,yang membuat orang-orang jadi malas. Peribahasa yang mana hayo,,? Langsung ke TKP ajah ya,, :D

Banyak peribahasa yang terdapat di Indonesia, semua peribahasa sebenarnya memiliki makna yang baik tapi kadang kalau di baca sekilas kadang menimbulkan persepsi2 lain yang mungkin menimbulkan persepsi yang negatif. Salah satu dari peribahasa tersebut adalah "Sekali dayung 2, 3 pulau terlampui", mengapa saya menganggap peribahas tersebut rancu dan membuat orang2 jadi malas? Dari peribahasa tersebut jika di artikan sebenarnya memiliki nilai positif di mana kita dalam melakukan sesuatu hal kalau bisa memberikan manfaat selain untuk diri sendiri juga untuk orang lain. Tetapi jika di artikan secara sempit peribahas tersebut membuat seseorang menjadi malas. Mengapa? Karena di dalam berusaha kita harus mengerjakan sesuatu dengan lerja keras baru bisa mendapatkan hasil yang memuaskan. Namun jika di lihat dari peribahasa tersebut lebih kepada persepsi yang negatif yaitu "MALAS". Secara logika tidak mungkin kita hanya sekali mendayung kita dapat melampaui 2 bahkan 3 pulau, begitu juga dengan bekerja, tidak mungkin kita hanya bekerja sedikit tetapi menginginkan sesuatu hal yang besar. Karena semuanya butuh kerja keras, seperti prinsip saya di mana kerja keras tidak akan pernah berbanding terbalik dengan hasil yang akan kita peroleh.

Demikian ulasan saya tentang peribahasa, sebenarnya semuanya baik tergantung dari bagaimana anda mempersepsikan sesuatu. So tetep positif thinking dan semangat untuk tetap bekerja keras serta jangan pernah mengharapkan sesuatu yang besar jika anda belum melakukan suatu hal dengan totalitas dan kerja keras.

Saran dan kritik serta komen selalu saya nantikan untuk membuat saya menjadi lebih baik dan baik lagi.. ^^ Sampai berjumpa lagi di post dan ulasan yang berbeda.

2 comments:

  1. ha ha ha, bisa aja nich artikel. nice share sob. salam blogger madura ^_^

    ReplyDelete
  2. haha,,mksh om,,
    salam balik dr bblogger jogja.. :D

    ReplyDelete